Sholat gak?

>> Tuesday 2 August 2011

Saat saya menuju ke masjid untuk sholat subuh, seorang anak kecil sambil memainkan sarung yang terpilin berjalan ke sebuah rumah dekat masjid lalu berdiri dekat pagar rumah, dan berteriak, "Randi! sholat enggak?"
tidak ada jawaban.
"Randi! sholat enggak?"
terdengar jawaban dari dalam rumah, "Ntar, duluan Yo!"
(dalam hati sering berbisik, emang kalau dia kaga sholat, ente juga enggak sholat juga? yah namanya juga anak-anak, selalu ce-es-an, selalu iringan, bila satu begini, maka yang lain juga begitu, hehe. Dulu saya juga begitu sih, hehehe..... Enggak enak kalo gak ada temannya).

Sesampainya di masjid ternyata sekumpulan anak-anak sedang duduk-duduk di teras masjid. Kira-kira ada sepuluh anak disitu. Biasanya mereka belulm mau masuk ke masjid kalau azan belum berkumandang. Satu anak yang berbadan besar menjadi center of excellent dibanding anak-anak yang lain yang berbadan lebih kecil.

Saya tau persis kelakuan anak-anak ini. Sebelum sholat selalu rame-rame kumpul, dan bila sholat selalu bikin rusuh di shaf paling belakang, selesai sholat langsung bubar lalu kumpul kembali sambil merencanakan permainan. Kadang kalau ada petasan, maka tak ayal suasana hening berubah jadi hingar bingar.

Selama seminggu anak-anak sekolahan libur menyambut bulan suci Ramadhan. Betapa asik mereka. Entah puasa atau tidak bagi mereka libur adalah bermain sepuasnya. Tidak ada guru. Tidak ada tambahan PR meskipun selalu ada tugas pelajaran agama selama Ramadhan. Biasanya sebuah buku yang harus diisi sebagai tanda mengikuti taraweh tiap malam ataupun catatan ceramah, yah walaupun saling contek atau dibiarkan kosong. Toh, diisi atau tidak diisi tetap ada nilai dari guru agama.

Nah, ngomong-ngomong selama Ramadhan ini anak-anak disekitar kita sholatnya rajin enggak? hayoo, ajak anak-anak sholat, mumpung Ramadhan, rame-rame ...


*ayo! tuk kebaikan.
2 Ramadhan 1432 H

2 comments:

Fajrie 5 August 2011 at 07:31  

sama banget ya suasana di tiap daerah kalo ramadhan, rame ama anak kecil, jadi sering nostalgia deh :D

BANG ANDI 6 August 2011 at 08:20  

kalo gak ada anak-anak kayaknya kurang gimanaa gituh :))

ONLINE

Powered By Blogger

About This Blog

Lorem Ipsum

Our Blogger Templates

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP